cool hit counter

PDM Kota Bogor - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kota Bogor
.: Home > Artikel

Homepage

JUM'AT SUPER BERKAH BERSEDEKAH

.: Home > Artikel > PDM
25 Mei 2018 09:44 WIB
Dibaca: 272
Penulis : Zahid Mubarok/Wk. Ketua PDM Kota Bogor (Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam STIDK

Mari kita baca dan buka Al Qur'an Allah SWT berfirman 

Dalam Al Qur'an Surat Al-Munafiqun Ayat 10

Artinya : "Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?"

 

Hari Jumat menjadi hari yang paling utama dari semua hari dalam seminggu. Hari Jumat merupakan hari yang paling penuh barokah dan Allah SWT sudah mengkhususkan hari Jumat hanya untuk umat muslim dari seluruh kaum umat terdahulu.

 

Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.”
[HR.Muslim]

 

Keutamaan melakukan sedekah di hari Jumat jika dibandingkan dengan hari lainnya adalah karena bersedekah di hari itu sama halnya seperti sedekah di bulan Ramadhan.

 

Ibnu Qayyim berkata,
“Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya".
 

Karena itulah, Nabi Muhammad SAW amat mengagungkan, mengistimewakan dan juga memuliakan hari Jumat jika dibandingkan dengan hari yang lain.

 

Beliau juga turut memperbanyak ibadah pada hari itu dan dari sekian banyak keutamaan bersedekah di hari Jumat terutama dalam bulan yang mulya ini Ramadhan . Jum'at adalah hari terbaik untuk sedekah.

 

Bulan Romadhon juga bulan terbaik untuk sedekah. Jadi penggabungan hari terbaik dan bulan terbaik serta kondisi terbaik(dalam keadaan puasa) merupakan sebaik-baik sarana mendekat kepadaNYA dengan sedekah.

 

Ada Istana Surga untuk Anda

Ada Pahala Besar menanti Anda

Ada Derajat Yang Tinggi disiapkan untuk anda

Anda dijauhkan dari mara bahaya

Disembuhkan dari sakit yg diderita

diharamkan dari Siksa api neraka

 

Bagaimana Meraihnya??

 

Berbagilah, dari sebagian Rizki yg Alloh titipkan,

Tebar kebaikan dengan harta

Buat yatim dhuafa tersenyum bahagia

Masukkan kegembiraan dalam wajah&hatinya

Niscaya Alloh akan membahagiakan anda di dunia sampai ke surga..

 

Jangan Tunda...!!

Ingat,,,

Orang yang telah meninggal berharap sehari saja dihidupkan di dunia

Bukan untuk haji/umroh..

Bukan untuk sholat..

Bukan untuk puasa..

Bukan untuk berbakti ke orang tua..

Tapi,,

Mereka minta dihidupkan agar bisa SEDEKAH (QS.Al-Munafiqun: 10)

Salah satu jurus jitu menolak bencana adalah sedekah.

Dalam hadis qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai Anak Adam, kosongkan gudangmu untuk memenuhi apa yang ada di sisi-Ku. Niscaya Engkau akan selamat dari kebakaran, kebanjiran, pencurian dan kejahatan “ (HR Thabrani dan Baihaqi).

 

Dalam banyak hadits, Rasulullah menegaskan pentingnya sedekah sebagai tameng penolak bala. “Sungguh, sedekah dapat memadamkan panasnya kubur orang yang bersedekah, dan sungguh orang mukmin akan bernaung pada hari kiamat dengan payungan sedekahnya“ (HR Thabrani). “Sedekah dapat mencegah 70 macam bencana, yang paling ringan adalah penyakit kusta dan supak“ (HR Thabrani). ”Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sungguh bencana tak dapat melewati sedekah“ (HR Thabrani). ‘’Obatilah orang sakit diantara kalian dengan sedekah“ (HR Baihaqi).

 

Dalam hadis lain Nabi SAW menerangkan: “Yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling gemar bersedekah, dan amalan paling dicintai Allah adalah membahagiakan orang mukmin, meringankan bebannya, membayarkan utangnya, atau menghilangkan laparnya“ (Shahih Al Jami’us Shagrir). Maka oleh karena itu mari kita jadikan Jum'at dalam bulan Ramadhan kali ini untuk bersedekah berbagi kepada sesama agar semakin berkembang dan berkah harta kita.

 

Wallahu A'lam Bissawab.


Tags: jumat , berkah , sedekah , almunafiqun , ramadhan
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori :

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website