PDM Kota Bogor - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kota Bogor
.: Home > Artikel

Homepage

SEDEKAH BISA HILANGKAN RESAH, GELISAH DAN KEGUNDAHAN

.: Home > Artikel > PDM
25 Juli 2020 11:25 WIB
Dibaca: 1431
Penulis : Dr. Zahid Mubarok , M.E.I (Wakil Ketua PDM Kota Bogor dan Dosen Pascasarjana Ilmu Syariah dan Bahas

Mari kita renungkan Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Allah Yang Maha Kaya Raya telah berfirman dalam Qs : Ali 'Imran Ayat 92

 

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nahkahka maka sesunggunya Allah mengetahuinya.”

 

Maksud ayat di atas sebagai berikut ;

(Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaktian) artinya pahalanya yaitu surga (sebelum kamu menafkahkan) menyedekahkan (sebagian dari apa yang kamu cintai) berupa harta bendamu (dan apa yang kamu nafkahkan dari sesuatu maka sesungguhnya Allah mengetahuinya) dan akan membalasnya. Ketika orang-orang Yahudi mengatakan kepada Nabi saw., "Anda mengakui diri Anda dalam agama Ibrahim padahal ia tidak memakan daging unta dan susunya," turunlah ayat Qs : Ali 'Imron : 92 ini.

 

SaudaraQu yang sholeh/hah, merasa resah gelisah dan gundah tanpa tahu penyebab pastinya bukan hal mengenakkan bukan ?. Terutama jika perasaan resah gelisah dan kegundahan tersebut terus-terusan menghantui dan mengelayuti dalam jiwa raga kita. Sebagaimana bayangan yang senantiasa mengikuti ke mana diri kita pergi, lekat, tak terpisahkan.

 

Namun sudah tahukah bahwa salah satu hal yang bisa menghilangkan kegelisahan di dada adalah dengan bersedekah?

Oleh sebab itu, ketika dilanda kegelisahan yang mencekam hati, segeralah mengeluarkan sedekah yang sepadan banyaknya dengan jumlah harta yang kita miliki, In syaa Allah rasa galau, resah dan kegelisahan tersebut akan menyingkir dan hilang di dalam jiwa raga kita.

 

 

Berikut ini beberapa penyebab sedekah dapat hilangkan kegelisahan:

 

 

1. Bersedekah artinya bersyukur, dan orang yang bersyukur akan Allah SWT tambahkan nikmat pada hamba-hambaNya*. Firman Allah SWT.

 

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumatkan, Jika kamu bersyukur akan karuniaKu, pasti Aku tambah nikmat untukmu, jika kamu ingkar, sesungguhnya azabKu sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

 

Sangat mungkin rasa gelisah ,resah dan gundah gulana yang melilit diri kita disebabkan adanya hak orang miskin atau kerabat yatim yang belum kita tunaikan. Sehingga itu menunjukkan pengingkaran kita terhadap nikmat Allah. Itu sebabnya Allah memberi rasa waswas:

Firman Allah Ta'ala ;

 

“Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tentram, rezekinya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk) nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.” (QS. An Nahl : 112)

 

 

 

2. Sedekah merupakan salah satu cara kita mengamalkan perintah Allah SWT dalam Al Quran

 

SaudaraQu yang baik, ketahuilah bahwa setiap amal kebaikan bisa dimasukkan dalam kategori sedekah. Maka, tak hanya memberi orang lain kebaikan dalam bentuk uang, seulas senyum saja bisa juga dimasukkan dalam kategori sedekah, memberi tausiyah juga termasuk sedekah, mencegah diri kita sendiri dari berbuat zalim dan maksiat menuruti syahwat juga merupakan sedekah.

 

Jelas bahwa sedekah merupakan cara mengaplikasikan perintah Allah yang termaktub dalam Al Qur'an. Dan bagi yang melaksanakannya akan merasa tenang kulit dan hatinya.

Firman Allah Ta'ala ;

 

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya.” (QS.Az Zumar : 23)

 

 

3. Berbagi kebaikan dengan orang lain melalui bersedekah bisa meningkatkan hormon endorfin yang diproduksi tubuh

 

Penelitian mengemukakan bahwa orang yang membantu orang lain dapat lebih terlindungi dari dampak negatif stres, hal ini berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Public Health pada 2013.

 

Selain itu, menolong orang lain akan meringankan rasa sakit kita sendiri, mengurangi stres, dan juga memberi rasa bahagia. Membagikan bantuan secara sukarela akan meningkatkan produksi hormon endorfin, dan hal itu baik untuk kesehatan jiwa kita.

 

 

4. Sedekah mampu hilangkan penyakit lahir dan batin

Dalam sebuah hadist yang sangat lemah karena para ulama' melemahkan hadist ini. Namun bisa di gunakan dalam hal fadhoilul amal (memotivasi) kita dalam bersedekah adalah sebagai berikut ;

 

 

“Sembuhkanlah orang-orang yang sakit di antara kamu dengan bersedekah, dan bentengilah hartamu dengan (mengeluarkan) zakat, karena sesungguhnya hal itu akan mencegah berbagai keburukan dan penyakit”.

 

Tentu banyak sekali penyakit lahiriah yang bisa kita temukan di sekeliling kita, misalnya demam, sakit kepala, kanker, diabetes, ginjal, bahkan hingga HIV/AIDS.

Namun tahukah kita apa saja penyakit batin yang biasa melanda?

 

SaudaraQu yang baik, salah satunya adalah kecemasan, kegelisahan, perasaan galau, tak nyaman, serta kekosongan batin.

 

Nah, penyakit-penyakit ini semua, baik yang lahiriah maupun batiniah dapat ‘disembuhkan’ In syaa Allah dengan mengeluarkan sedekah.

 

Wallahu A'lam Bisshawab (ZM)


Tags: sedekah , gelisah , resah , kegundahan , HIV/AIDS
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori :

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website